Akreditasi Internasional RICS dan RISM, Teknik Ekonomi Konstruksi Universitas Bung Hatta



“Sertifikat profesi QS Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi Universitas Bung Hatta dan alumninya agar adanya pengakuan asia dan industri konstruksi level internasional. Hal ini untuk memudahkan alumni Teknik Ekonomi Konstruksi Universitas Bung Hatta memperoleh pekerjaan handal dan mampu berkompetisi di tingkat Asia dan Internasional,” demikian dikatakan Ketua Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi Dr. Zulherman, ST, M.Sc.

Dikatakannya, sekarang borang akreditasi internasional telah dikirim, jurusan dan universitas mesti nmengikuti standar internasional, baik kurikulum perkuliahan akan mendapat pengawasan standar internasional.

Begitupun kualitas dosen akan mendapat ruang tantangan dalam mencapai standar international, berkaitan input mahasiswa dan kualitas kelulusan yang memadai.

Menurut Zulherman, Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Surveying) Universitas Bung Hatta dengan dikirimnya borang akreditasi internasional dari RISM (Royal Institution of Surveyors Malaysia) dan RICS (Royal Institution of Charted Surveyors) agar mendapat sebuah kemajuan dimasa mendatang.

Disamping itu, akrediatasi dari BAN-PT, akreditasi internasional memang diperlukan, sebab Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi Universitas Bung Hatta salah satu pendidikan formal diploma QS di Indonesia dan juga menghadapi era globalisasi yang terus meningkat.

Ditegaskannya, kolaborasi prodi QS Universiti Teknologi Malaysia dapat memberi peluang besar dalam akreditasi dari dua institusi QS tersebut. Begitupunm berkaitan penerimaan mahasiswa baru, pihaknya optimis menjadi bagian penting dalam memilih kepekaan ilmu di Bung Hatta.

Bahkan dengan persiapan dan perencanaan yang memakan waktu lama dengan pertemuan tim RISM yang berulangkali dapat memuluskan tujuan nantinya. Dalam beberapa waktu kedepan visitasi ke kampus akan dilakukan.


Tidak ada komentar