PDAM KERINCI DAPAT DANA HIBAH AUSAID


Kerinci, Kabar Kerinci
Pemerintah Australia melalui program Ausaid pada tahun 2017 mengucurkan dana hibah untuk kebutuhan sarana air bersih bagi masyarakat Kerinci. Dana hibah Ausaid melalui Pemerintah Pusat ini, akan diterima Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sakti yang merupakan Perusahaan Daerah milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci.

Direktur  Umum PDAM kerinci Afridal SE ,kepada wartawan media ini mengungkapkan,PDAM Kerinci Gelombang pertama tahun ini mendapat jatah sebanyak 3000 Rumah untuk pemasangan  bantuan penerima Program Hibah Air Minum PDAM.

”Untuk mendapatkan bantuan ini adalah Masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR) yang memiliki daya listrik 900 VA kebawah dan yang diprioritas yang tidak memiliki sambungan listrik” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dari 3 ribu sambungan rumah, saat ini jumlah yang telah diverifikasi sebanyak 2500 sambungan. Sisanya ditargetkan rampung bulan ini. Proses verifikasi ini dilaksanakan oleh tim konsultan.

Selain verifikasi oleh konsultan, syarat lain dana hibah bisa dicairkan ialah harus ada bukti bahwa sambungan tersebut berfungsi atau ada airnya yang dibuktikan dengan  rekening PDAM selama dua bulan.

“Dengan syarat itu maka hibah akan dicairkan langsung dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kepada kas umum daerah untuk mengembalikan investasi dari pemda Kerinci yang dijadikan penyertaan modal pemda ke PDAM sebelumnya.

Ia berharap, bantuan yang dikucurkan tersebut dapat dimamfaatkan oleh masyarakat secara maksimal sehingga program pemerintah tidak sia-sia dan hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat” Program ini merupakan perjuangan Pemerintah Daerah demi untuk kepentingan Masyarakat Kerinci ” bebernya. (ALAN)

Tidak ada komentar