Kondisi Monumen Gempa Kerinci 1995 Memprihatinkan

Kerinci. KK. Salah satu bukti sejarah bahwa pernah terjadi sebuah peristiwa dahsyat di kabupaten Kerinci beberapa tahun lalu, yang menelan banyak korban jiwa dan materil, kini kondisinya amat memprihatinkan.

Monumen gempa yang berdekatan dengan jalan Nasional Sungai Penuh-Bangko, tepatnya desa Koto Iman, terlihat begitu lusuh denga kondisi struktur bangunan yang telah labil dan rawan runtuh. Nyaris disemua sisi dinding mengalami keretakan menganga, bahkan bobol dalam ukuran besar.

Tokoh masyarakat setempat Drs. Samsir menyampaikan, sekalipun dalam kondisi yang menyedihkan, namun berbagai kegiatan kemasyaratan, sosial dan keagamaan tetap mengambil tempat disana, berbagai usaha telah  ditempuh pemuka masyarakat dalam upaya merenovasi kembali bangunan tersebut, namun hingga saat ini belum mendapatkan respons yang berarti dari pemerintah.

"Kami berharap adanya perhayian serius dari Instansi terkait, paling tidak ada tokoh Kerinci yang bisa bersama-sama kami bahu-membahu dalam membangun kembali tempat ini sebagai saksi bisu dari peristiwa yang takterlupakan tersebut" ujarnya
(Wedi)

Tidak ada komentar