Rangkaian Penerimaan CPNS Kerinci Mulai Timbulkan Masalah

Kerinci. KK. Penerimaan CPNS di Kerinci nampaknya selalu meninggalkan noda hitam, dan nyaris terjadi berulang-ulang kali. Hali ini bisa terjadi ditiap tahapan yang dilalui pelamar. Seperti akhit-akhir ini, puluhan pelamar CPNS untuk Kabupaten Kerinci terutama formasi PGSD mendatangi Kantor BKPSDM Kerinci, untuk mempertanyakan alasan dari ketidaklulusan mereka di seleksi Administrasi.

Yesi, salah satu pelamar mengungkkapkan kekesalan tak terhingga " alasannya masalah  prodi yang belum terakreditasi, saat tamat 2011, tapi kok teman kami yang sama-sama satu angkatan, satu kampus, tahun tamat sama dengan prodi yang sama bisa diluluskan ?" Ungkapnya. Masalah ini sangat sensitif dan diprotes pihaknya, mengingat di sejumlah daerah lainnya yang menyelenggarakan seleksi CPNS namun tidak mempermasalahkan hal tersebut.

" Jangan-jangan yang lulus sudah ditentukan sebelumnya, dan rangkaian tes ini hanya formalitas saja" tambah Yesi.

Terkait permasalahan tersebut, Syahril Hayadi Kepala BKPSDM Kerinci, menyampaikan " salah satu alasan beberapa pelamar tidak lulus seleksi administrasi, dikarenakan pada saat menyelesaikan kuliah status nya belum terakreditasi, disamping itu ada kemungkinan terdapat kesalahan dalam memahami surat dari Kemenpan RB yang dikeluarkan tanggal 02 Oktober 2018," jelas Syahril Hayadi.

Beliau juga menambahkan kalau dalam proses ini pihaknya tetap mengacu pada permenpan RB Nomor 36 tahun 2018, tentang kriteria dan penetapan Kebutuhan PNS, serta berdasarkan hasil konsultasi dengan BKN Regional Palembang, terkait akreditasi. " Disitu jelas termuat kalau akreditasi harus sesuai dengan tanggal Ijazah, semua telah dijelaskan kepada beberapa perwakilan dari pelamar yang gagal, mudah-mudahan mereka bisa memahaminya" tambah Syahril.

Dari informasi yang diterima media ini, setidaknya ada ratusan pelamar yang dinyatakan gagal dalam seleksi administrasi, rata-rata terjanggal masalah akreditasi.
(ED'S)

Tidak ada komentar