PDAM Tirta Sakti Diperkirakan Bangkrut Beberapa Tahun Kedepan

Kerinci. KK.
Banyaknya inisiatif masyarakat kabupaten Kerinci untuk memanfaatkan sungai sebagai sumber air bersih yang dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa, membuat Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Sakti menjadi terancam bangkrut. 

Berdasarkan penelusuran media ini, salah satu faktor dari munculnya ide ditengah masyarakat untuk beralih mengelola sumber daya alam tersebut diantaranya adalah banyaknya kendala PDAM dalam melakukan suplay air secara merata dan stabil ketengah masyarakat. Sehingga membuat sejumlah desa khususnya yang berada disekitar pegunungan mencoba mengelola sendiri sumber air yang dimiliki demi terpenuhinya kebutuhan air bersih diwilayahnya secara maksimal.

Salah satunya seperti yang ditemukan dikecamatan Sitinjau Laut, beberapa desa semacam Pendung tengah Penawar, Ambai Atas, Ambai Bawah, dan Koto sekilan telah berhasil menjadikan sumber air sungai pegunungan yang melimpah sebagai salah satu sumber air bersih yang bisa dikonsumsi masyarakat setempat.

" Semua ini kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih ditengah dimasyarakat. Biaya pemasangan yang gratis, aliran yang tak pernah terputus serta tagihan bulanan yang relatif murah dan terjangkau, membuat sebagian besar konsumen PDAM beralih menjadi pelanggan BUMDes tersebut" ujar Askar kades Koto Sekilan.

Tim Pelaksana Inovasi Desa kecamatan Sitinjau Laut Aidil ketika diminta komentarnya mengaku salut dengan inisiatif masyarakat tersebut, menurutnya ini merupakan sisi positif dari adanya Dana Desa, sehingga masyarakat desa bisa mengembangkan potensi- potensi yang ada.

" Kami dari TPID senantiasa mendukung sepenuhnya usaha masyarakat desa dalam berinovasi. Bukan tidak mungkin, dengan memanfaatkan sumber daya air yang berkualitas dan melimpah, BUMDes yang dikelola masyarakat tersebut kedepannya bisa mengembangkan usahanya lebih luas demi mendukung peningkatan kesejahteraan mereka, seperti memproduksi air kemasan atau bentuk pengembangan lainnya" ungkap Aidil.

Dari banyaknya desa yang akhir-akhir ini berinisiatif melakukan inovasi dengan kegiatan serupa dikabupaten Kerinci, bisa dipastikan beberapa tahun kedepan PDAM Tirta Sakti akan mengalami kebangkrutan seiring dengan berkurangnya pelanggan dari waktu kewaktu.

Tidak ada komentar