Surabaya Masuk Kandidat Kota Terindah Didunia

Surabaya. KK. Indinesia harus berbangga, kota Surabaya, Jawa Timur yang seringkali disebut dengan kota Pahlawan menjadi nominasi kota terindah di dunia dalam Guangzhou International Award 2018. Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan menjadi isu yang diikutsertakan dalam kategori Inovasi Perkotaan.

"Ini menjadi kekuatan Surabaya. Bagaimana sebuah kota berkembang besar tapi persoalan lingkungan terutama sampah dan perkampungan tertata dengan baik," ujar Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser dalam Metro Siang, beberapa waktu yang lalu.

Fikser mengatakan Surabaya sempat beberapa kali mengajukan proposal dalam ajang serupa Namun baru kali ini proposal diterima dan masuk sebagai satu dari 15 kota di dunia finalis Guangzhou International Award 2018.

Tak cuma mengandalkan pemilihan suara, Tri Rismaharini yang merupakan punggawa Kota Surabaya juga akan memaparkan isu lingkungan dan penataan kota di hadapan 400 juri. Risma akan meyakinkan para juri bahwa Surabaya layak menyandang predikat Kota Terindah di dunia.

"Terutama dalam pengelolaan sampah yang mulai dilakukan di level rumah tangga, RT, dan RW, sehingga penanganan sampah sampai tempat pembuangan akhir (TPA) berkurang," kata dia.

Kota Surabaya masuk nominasi Inovasi Perkotaan dalam Guangzhou International Award 2018 mengangkat tema menjaga lingkungan hidup yang melibatkan partisipasi masyarakat untuk mengelola sampah. Surabaya mewakili Asia Tenggara dan akan bersaing dengan 193 kota di dunia dari 66 negara.

Sumber : Metro News

Tidak ada komentar