Giat Bergerak, Kubang Agung Laksanakan Pelatihan BUMDes

Kerinci. KK
Upaya pemerintah untuk menggali dan mengembangkan potensi desa hingga kini masih terus dimaksimalkan. Satu diantaranya melalui pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di penjuru tanah air, melalui Undang-Undang (UU) Desa No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Merespon UU itu, Desa Kubang Agung  Kecamatan Depati VII, Kabupaten Kerinci, hari ini, menggelar pelatihan BUMDes di aula kantor desa tersebut, Rabu (16/01/2019) 

Damhur, Kepala Desa Kubang Agung menyebutkan, pelatihan itu baru kali pertama dilakukan di desanya. Melalui pelatihan ini, menurut Damhur warga desa dan jajaran pengurus BUMDes mendapat pemahaman tentang status hukum BUMDes, tata kelola dan fungsi BUMDes dalam upaya penggalian dan pengembangan potensi desa.

Kepada awak media ini, Damhur mengaku potensi di desanya sangat banyak. Namun hingga saat in masih perlu digali dan dikembangkan. Selama ini warga desanya terfokus pada pertanian dan perkebunan, sehingga potensi lain yang sebaiknya bisa digali dan dikembangkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat belum secara maksimal diberdayakan.

“Saya berharap, melalui pelatihan ini, selain pemahaman tentang BUMDes, juga bisa mendorong warga mengembangkan ide, gagasan, kira-kira apa yang akan dikembangkan untuk warga desa,” ujarnya.

Tidak ada komentar