Mubes IKAMARU - JAMBI Menolak LPJ Pengurus Lama Dan Memilih Pengurus Baru Periode 2019-2020

Penulis Ramon Azmi Pratama yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikamaru-J periode 2017-2018 dan menghadiri Musyawarah Besar Ikamaru-J.




Musyawarah Besar Ikatan Mahasiswa Koto Baru – Jambi (IKAMARU-J) yang dilaksanakan di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi berlangsung hari Minggu 06 Oktober 2019 dari jam 09.00 WIB S/D jam 19.00 WIB .

MUBES berlangsung dengan perdebatan yang sangat alot, perdebatan mulai memanas saat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pengurus Ikamaru-J dipertanyakan oleh beberapa anggota MUBES. LPJ Kepengurusan periode 2018-2019 yang dibacakan oleh Plt. Ketua yaitu Imelda Faiza dikarenakan Ketua Umum terpilih pada Mubes 2018 yaitu Khairil Afdal mengeluarkan surat pemunduran diri yang memberikan surat mandat kepada Imelda Faiza yang sebelumnya menjabat sebagai sekretaris.

Pemunduran diri oleh Kharil Afdal sebagai Ketua Umum dinilai oleh seluruh anggota tanpa alasan yang jelas, ditambah lagi surat pemunduran diri dikeluarkan pada masa akhir jabatan dengan sisa kegiatan Penyambutan Maru dan Musyawarah Besar(MUBES).

Hal ini tentu berpengaruh besar terhadap LPJ yang dibacakan pada saat Mubes. Bahkan sebelum Mubes dilaksanakan timbul opini dari beberapa anggota bahwa Khairil Afdal dinilai takut menyampaikan LPJ Kepengurusan. LPJ Kepengurusan yang dibacakan pada saat Mubes mengalami perdebatan panjang antara anggota Mubes dengan Pengurus.

Seluruh anggota Mubes menyatakan menolak LPJ Kepengurusan periode 2018-2019. Penolakan dikarenakan Program Kerja yang disampaikan tidak jelas dan Laporan Keungan yang tidak jelas.

Menurut penulis, penolakan LPJ oleh seluruh anggota Mubes bukan sepenuhnya keselahan Imelda dan pengurus lain yang tersisa. Tetapi, penolakan LPJ tersebut tentunya ada pengaruh dari pemunduran diri Ketua Umum yang terpilih sebelumnya yaitu Khairil Afdal.

Penolakan LPJ oleh seluruh anggota Mubes membuat Plt. Ketua Umum Imelda Faiza merasakan kecewa, hal ini disampaikan setelah Pimpinan sidang menetapkan penolakan LPJ. “saya tetap tidak terima LPJ kepengurusan kami ditolak” ungkap Imelda.

Setelah penolakan LPJ, Mubes dilanjutkan dengan agenda pembahasan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang menghasilkan revisi dibeberapa Pasal. Terkhir dilanjut dengan Pemilihan Ketua Umum yang tentunya sangat sensitif karena berkaitan dengan siapa yang memimpin Ikamaru-J kedepannya.

Perdebatan alot terjadi pada saat pembahasan krtiteria calon dan syarat calon. Pada tahap pencalonan menghasilkan tiga calon Ketua Umum. Dengan perdebatan panjang, forum mubes menyepakati ketiga calon yaitu Cahaya Rizki, Safira Al Fadilah, Yozan Tri Ilasman untuk melakukan Lobi dengan berbagai pertimbangan.

Lobi menghasilkan Ketua Umum Yozan Tri Ilasman, Wakil Ketua Umum Cahaya Rizki, dan sekretaris Safira Al Fadilah. Hasil lobi disahkan oleh forum Mubes. Kepengurusan Ikamaru-J terpilih menyampaikan harapan kerja sama dari semua anggota untuk kemajuan Ikamaru-J kedepannya.

Tidak ada komentar