Aidil : Menuju Desa Angksa Pura - Kerinci Terdepan Tahun 2025


Kerinci, KK
Kepada media ini M. Aidil, SE menyatakan bahwa restu keluarga itu sangat penting dalam melakukan berbagai tindakan. Demikian pula dengan pencalonan diri sebagai pemimpin, disamping itu restu masyarakat.

Dirinya mencalonkan diri menjadi calon kepala desa  karena merasa terpanggil dengan melihat kondisi yang ada di desa Angkasa Pura baik itu pemerintahan, pembangunan maupun sosial kemasyarakatan.

Pengalaman yang ada, selama lebih kurang 12 tahun berkecimpung di bidang pemberdayaan, pembangunan dan Inovasi desa di 7 kecamatan atau separuh dari kabupaten kerinci, dan inilah saatnya untuk fokus untuk berbuat pada desa sendiri. 

Adapun visi dan misi “MENUJU ANGKASA PURA “TERDEPAN  2025”, diantaranya tertib, ekonomi maju, religius, daya saing, enterpreneurship, pemanfaatan dan pengelolaan potensi desa, aman dan nyaman.   

Aidil menyatakan bahwa misinya adalah melaksanakan pemerintahan desa yang berazaskan tertib kepentingan umum, profesional, transparan, akuntabel, efektif, efisien dan partisipatif. Juga pembinaan  masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan beragama dan memotivasi agar tetap menjaga iman dan taqwa kepada tuhan YME melalui BKMT dan Kelompok-kelompok pengajian,, menghidupkan kembali TPSA, TPSQ dan Remaja Mesjid. Begitupun dengan membekali pemuda, usaha kecil menengah berupa peningkatan kapasitas atau pelatihan dan pinjaman modal usaha supaya bisa berdaya saing dan sanggup bekompetisi. 

Disisi lainya, menciptakan kegiatan wirausaha yang Kreatif dan inovatif salah satunya adalah dengan memanfaatkan BUMDES sebagai wadah bagi pemuda-pemudi untuk melakukan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya yang ada untuk menghasilkan nilai tambah. Pemanfataan dan pengelolaan Potensi Desa, sumber daya manusia, melaksanakan pelatihan kerja, akses Internet Desa Gratis, bantuan beasiswa, bantuan kesehatan dan bantuan Sosial lainnya. 

Sumber Daya Alam, melaksanakan penghijauan dilingkungan masyarakat, memanfaatkan lokasi bekas kandang kerbau menjadi Taman Desa, menyediakan kontainer dan sarana angkutan untuk pembuangan sampah serta melaksanakan pembangunan desa secara merata, terencana dan berkelanjutan. 

Menciptakan kondisi masyarakat yang aman dan rukun, bahkan  meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan desa, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. 

Aidil memiliki pengalaman kerja 2007-2009 sebagai Ketua Unit Pengelola KegiatanProgram Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Pada tahun 2009-2015 Pendamping/ Fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Keliling Danau, Gunung Raya, Gunung Kerinci, Gunung 7, Air Hangat Baratdan Air Hangat Timur. Ketika tahun 2016 menjadi Pendamping Desa Kecamatan Sitinjau laut Kabupaten Kerinci Propinsi Jambi. Hingga tahun 2017-2019 menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Sitinjau laut Kabupaten Kerinci Propinsi Jambi


Tidak ada komentar