Kenduri Sko Desa Kayu Aro Ambai Berjalan Sukses

Kenduri Sko merupakan ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta, atas segala anugeeah yang telah dilimpahkan, serta penghormatan atas jasa para leluhur yang telah mendiri dan memajukan sebuah negeri. Khusus di kabupaten Kerinci, hal ini nyaris dilaksanakan disetiap kampung setelah panen dilaksanakan.

Minggu (10/01/21) Kenduri sko ( Desa Kayu Aro Ambai Kecamatan Tanah Cogok Kabupaten Kerinci berlangsung sukses.

Menggunakan pakaian adat istiadat, para pemangku Negeri dan Ninik mamak serta anak jantan laksanakan penurunan sko guna untuk mencuci dan mengeluarkan pusaka yang sudah lama tersimpan rapi dirumah gedang. Tujuannya adalah untuk merapatkan yang jauh menjernihkan yang keruh yang telah terjadi dikampung halaman selama sko tersebut belum dicuci atau diturunkan.

Pemangku adat dan ketua adat serta anak jantan bersama-sama menggiring dalam acara menurunkan Sko tersebut. Adapun Sko yang yang dimiliki Desa Kayu Aro Ambai yaitu 3 bilah keris, gong, dan pedang sakti diturunkan bersama ninik mamak, anak jantan dari rumah gedang.

Dalam acara menggiring dan berarak dalam negeri, Pemangku adat kompak melaksanakan sesuai dengan tradisi turun temurun dari orang-orang yang terdahulu.

Kenduri sko juga bertujuan untuk mendo'akan dijauhkan dari segala bentuk marabahaya baik yang datang dari depan maupun yang belakang.

Zukri, Ketua panitia pelaksana Kenduri sko, mengatakan, “Kenduri sko ini adalah bentuk wujud rasa syukur yang tak terhingga kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki yang berlimpah kepada kita, dan dijauhkan dari segala bentuk marabahaya yang datang,” ujar ketua pelaksana Zukri.

“Intinya, kita mempererat tali persaudaraan, walaupun kita sekarang tengah dilanda pandemi, kita memohon kepada Allah SWT agar cepat diangkat dan pada saudara kita yang terkena covid19, semoga cepat sembuh dan pada segenap kita yang hadir di acara ini, agar mentaati protokol kesehatan yang ditetapkan,” pungkas Zukri.

Tampak hadir di acara Kenduri sko tersebut, jajaran Pemerintahan Desa Kayu Aro Ambai, BPD, dan anggota DPRD Kabupaten Kerinci dari fraksi Partai Golkar, Asrizal S.SPd, MH

Acara yang dipersembahkan pada acara Kenduri sko ini yakni silat, Tari rangguk dan Sike yang diperankan oleh grup dari Desa Kayu Aro Ambai setempat.

(Ed'S/HVZ)

Tidak ada komentar