Dapat Kunjungan Gubernur Jambi, Koperasi Alko Berikan Beasiswa Ratusan Juta Rupiah.

Kerinci-KK.
Bertepatan pembukaan dengan RAT ( Rapat Tahunan Angjota) Koperasi Alkl Arabika Tani yang ke 6 (minggu 16/01/2022). Gubernur Jamni Alharis menyempatkan diri hadir disela kunjungan kerjanya ke Kerinci. 
Acara ini diawali dengan sambutan Sriyanti selaku Ketua koperasi. Dalam sambutannya, Sriyanti menyampaikan bahwa koperasi saat ini telah mengembangkan cabang baru untuk usaha tahun 2022 yaitu bank sampah, setelah sebelumnya ada kopi, wisata, sekolah alko akademi, produk turuanan IKM dan sekarang yang dikembangkan adalah bank sampah.

Selanjutnya koperasi alko memberikan SHU kepada anggota koperasi   tahun 2021 berupa CSR yaitu pemberian Beasiswa kepada anak petani yang mengambil jurusan pertanian dengan total sebesar Rl.150 juta untuk 12 orang mahasiswa anak petani.

Kemudian dalam kesempatan itu juga koperasi alko memberikan polis asuransi pijar BRI kepada seratus petani ditahap pertama yaitu berupa asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan dan asuransi hari tua untuk parapetani kopi anggota koperasi. 

"Para penerima beasiswa yidak hanya berasal dari kabupaten Kerinci, tapi namun juga dari kabupaten lain dan propinsi tetangga Sumatera Barat" ujarnya.

Dari data yang berhasil dihimpun media ini melalui Suryono selaku CEO ALKO Sumatera, Kopi dari unit uaaha Alko telah menembus pasaran internasional dengan mengeksport hingga ke 16 negara , baik itu jenis arabika maupun robusta, terlebih lagi untuk wilayah timur tengah. Sehingga membuat pihak alko sampai harus mengakomodasi  kopi dari wilayah Sarolangun, Merangin dan Muaro Jambi.


Diamaping itu, beberapa wakyu yang lalu, Koperasi Alko meĺalui salah satu Devisinya juga melakukan pelatihan kepada petani untuk meningkatkan kapasitas petani yang akan menjadi penunjang untuk suplayer pemenuhan eksport kopi ke timur tengah dan hal ini di sabut dengan baik oleh bapak gubernur jambi agar bisa ditindak lanjuti ketahap selanjutnya dan pak gubernur meminta supaya kopi jangkat atau kopi Merangin robusta Jambi Bisa di ekspor langsung atas nama kopi jambi sesuai dengan nama indikasi geografis.

Suryono mengatakan pada kesempatan ini kami sempat berdiskusi dengan bapak gubernur bahwa kami koperasi alko akan mencoba berkerja sama dengan pemerintah jambi untuk bersama sama mengembangkan pemasaran kopi robusta Merangin yang sudah terkenal sejak dahulu untuk dipasarkan secara internasional.

Selanjut nya acara dilanjutkan dengan pemberian simbolis penerima beasiswa kepada wali murid/orang tua penerima beasiswa dan kepada petani penerima polis asuransi dan secara simbolis diserahkan oleh bapak gubernur jambi. Bapak gubernur juga memberikan sembako untuk petani2 yang hadir dalam acara RAT tersebut.
Dalam kunjungan kerja ini bapak gubernur menyampaikan kopi kerinci melalui kopi arabika sudah tidak diragukan lagi tentang pemasarnya karena pasar yang sudah terbentuk sekarang bagaimana meningkatkan kopi robusta dan liberika yang ada di jambi agar juga bisa mendunia dan mengikuti kopi arabika

Gubernua Jambi dalam sambuyannya mengharap, antara koperasi alko dan juga dengan petani petani yang ada di daerah Merangin dan di daerah lainya di jambi untuk dapat mengembangkan pasar  kopi robusta kedepanya.

Pada kesempatan lain pak Ariansyah sebagai staf ahli dari gubernur jambi sekaligus ketua ASKI perwakilan jambi yang ikut dalam acara ini juga mengatakan bahwa untuk pemasaran kopi saat ini yang perlu dikembangkan adalah kopi yang  terus produktif dan kopi robusta yang harus ditingkatkan lagi proses menjadi kopi yang mempunyai standard market export. Dalam hal ini beliau juga mengatakan bahwa kalau petani harus mendapatkan pelatihan yang intensif agar petani dapat meningkatkan produktifitas dari lahan atau dari kopi yang bisa mengikuti standar export yang di minta oleh pembeli.
(Red)

Tidak ada komentar